Rabu, 24 Oktober 2018

MAKALAH E-BUSINESS


TUGAS
ETIKA DAN NILAI LINGKUNGAN
"E-BUSINESS (ELECTRONIC BUSINESS)"




OLEH :
ADENISA REFITASARI
165100034

Dosen :
Indah Hartati, S.Kom., M.T.I
UNIVERSITAS MITRA INDONESIA
BANDAR LAMPUNG
2018




KATA PENGANTAR
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgwFLe6NGwVU8d3qJL5VFb6BDA33GJSdgqQCMPQ-5Glb1gqPKliJ_H0nKyL4Ajs8q1cG3SSHbfRiP7oudpIa3auS4mIIVxHdLATHRWWdd7J2Q4iQ9oRRqEPf5v4jGuq8MFupW7onprrXH6V/s200/bismillah.jpg
           
Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah Subhanahu wata΄ala, karena berkat rahmat-Nya penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul E-Business (Electronic Business). Makalah ini diajukan guna memenuhi tugas mata kuliah Konsep E-Business di Program Study Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mitra Indonesia, Bandar Lampung. Penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga makalah ini dapat diselesaikan sesuai dengan waktunya. Makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan makalah ini. Semoga makalah ini memberikan informasi bagi masyarakat dan bermanfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan bagi kita semua.

                                                                                         Bandar Lampung, 15 Oktober 2018


Daftar Isi
COVER..............................................................................................................................
KATA PENGANTAR...................................................................................................... i
DAFTAR ISI..................................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN................................................................................................. iii
               1.1      Latar Belakang.................................................................................................. 1
               1.2      Rumusan Masalah............................................................................................. 2
               1.3      Tujuan Penulisan............................................................................................... 2

BAB II PEMBAHASAN.................................................................................................. 3
       2.1.   Sejarah Dalam Perkembangan E-Business..................................................... 3
       2.2.   Pengertian E-Business....................................................................................... 5
       2.3.   Jenis E-Business Karakteristik ........................................................................ 6
       2.4.   Pengaruh – Pengaruh E-Business Atas Proses Bisnis ................................... 6
       2.5.   4 (Empat) Faktor-Faktor keberhasilan E-Business ....................................... 7
       2.6.   Infrastuktur untuk E-Business......................................................................... 8
       2.7.   Software Komunikasi ....................................................................................... 9
       2.8.   Melihat Secara Singkat Cara Kerja Internet.................................................. 9
       2.9.   Bagaimana Informasi Diproses dalam Internet ............................................. 10
       2.10. Peranan Internet Dalam E-Business................................................................ 11
       2.11. Peranan Website Dalam E-Business................................................................ 12
       2.12. Memilih Hosting  yang Tepat............................................................................ 13

BAB III  PENUTUP......................................................................................................... 14
      3.1   Kesimpulan.......................................................................................................... 14
      3.2   Saran..................................................................................................................... 14

Daftar Pustaka................................................................................................................... 15
 






BAB I
PENDAHULUAN


            1.1  Latar Belakang

       Ketika kita memasuki milenium baru, proses bisnis berbasis internet telah mengubah seluruh industri dan pasar, yang juga akan menimbulkan dampak besar pada pelanggan dan bisnis. Electronic business (e-Business) adalah penggunaan teknologi elektronik terutama dalam bentuk teknologi informasi (TI) untuk melakukan segala proses bisnis, termasuk didalamnya adalah jual beli atau pertukaran produk, jasa dan informasi, membangkitkan permintaan melalui kegiatan marketing, melayani pelanggan, berkolaborasi dengan rekan bisnis dan kegiatan transaksi bisnis secara online. E-Business akan meningkatkan kinerja bisnis dengan low cost dan open connectivity dengan diperkenalkannya teknologi baru pada value chain dan menghubungkan value chains untuk meningkatkan layanan, mengurangi biaya, membuka saluran baru dan mentransformasi lansekap persaingan. Banyak perusahaan mulai sadar bahwa banyak manfaat potensial yang diberikan oleh e-Business. Beberapa manfaat yang diberikan e-Business adalah: Dukungan yang mutakhir pada usaha untuk melakukan perekayasaan ulang proses bisnis; Ekspansi jangkauan pasar; Memperkuat hubungan dengan pelanggan dan suplier; Mengurangi biaya dengan mengaplikasikan teknologi elektronik pada proses bisnis; Menurunkan biaya telekomunikasi dengan infrastruktur internet.
 Karena manfaat – manfaat yang diberikan oleh e-Business banyak yang berupa manfaat non finansial (intagible benefit) maka kinerja dan kontribusinya terhadap kinerja bisnis secara keseluruhan akan sulit diukur dan dievaluasi. Juga akan sulit untuk me-manage proyek e-Business untuk menyakinkan bahwa manfaat yang nyata dan terukur dapat dihasilkan. Dalam praktik, proyek e-Business sering di-manage terlalu teknis dan sedikit melihat pada perspektif bisnis. Proyek e-Business harus di monitor dan setiap inisiatif dalam e-Business diperlukan perspektif bisnis yang didefinisikan dengan baik (tentang biaya dan manfaat / keuntungannya.
Di internet, ada lagi informasi diletakkan di dalam suatu situs web. Dimana dalam situs web tersebut terdapat banyak laman (pages) yang merupakan tempat dari suatu informasi diletakkan. Dan laman-laman situs tersebut diatur, membentuk struktur yang disusun dalam suatu situs web sehingga saling berhubungan satu sama lain. Sebagai sumber informasi, seringkali pencari informasi harus mencari informasi yang diinginkan di laman-laman suatu situs web yang terkait dengan informasi yang dicari.
Internet yang semakin berkembang serta penggunaannya yang semakin meluas ke berbagai bidang membuat internet menjadi sesuatu yang tidak bisa dipisahkan dari aktivitas sehari-hari. Salah satunya pada kegiatan e-business oleh perusahaan. Pada industri ebusiness, situs web menjadi tempat utama ditawarkannya layanan oleh perusahaan. Sehingga situs web berperan sangat penting pada keberhasilan sebuah e-business. Membuat suatu situs web yang efektif sebagai pusat informasi adalah hal yang penting bagi perusahaan, karena secara tidak langsung akan meningkatkan kepuasan pelanggan atau pengguna situs. Selain pada industri e-business, sifat dasar situs web sebagai pusat informasi juga berarti bahwa, sebaiknya sebuah situs web memiliki tingkat kefektifan dan usabilitas/kegunaan yang tinggi sehingga pengguna atau pencari informasi dapat dengan mudah dan cepat mencari informasi yang diinginkan.

             1.2.  Rumusan Masalah
Pada penulisan makalah ini, saya akan merumuskan masalah pada: Apa itu e-business serta bagaimana penjelasan mengenai e-business?


1.3.   Tujuan Penulisan
Maksud dan tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui apa itu e-business dan menganalisa apa saja yang melingkupi dan tujuan dari e-business.



BAB II
PEMBAHASAN


2.1.     Sejarah Dalam Perkembangan E-Bussines

E-business adalah E-business (Inggris: Electronic Business, atau “E-business”) dapat diterjemahkan sebagai kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis dengan menggunakan sistem informasi komputer. Istilah yang pertama kali diperkenalkan oleh Lou Gerstner, seorang CEO perusahaan IBM ini, sekarang merupakan bentuk kegiatan bisnis yang dilakukan dengan menggunakan teknologi Internet. E-business memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal mereka secara lebih efisien dan fleksibel. E-business juga banyak dipakai untuk berhubungan dengan suplier dan mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi permintaan dan melayani kepuasan pelanggan secara lebih baik.
Dalam penggunaan sehari-hari, E-business tidak hanya menyangkut e-commerce saja. Dalam hal ini, e-commerce lebih merupakan sub bagian dari E-business, sementara E-business meliputi segala macam fungsi dan kegiatan bisnis menggunakan data elektronik, termasuk pemasaran Internet. Sebagai bagian dari E-business, e-commerce lebih berfokus pada kegiatan transaksi bisnis lewat www atau Internet. Dengan menggunakan sistem manajemen pengetahuan, e-commerce mempunyai goal untuk menambah revenu dari perusahaan.
E-commerce adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. e-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-commerce ini sebagai aplikasi dan penerapan dari E-business (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.
E–Business (Electronic Business) merupakan interaksi eksternal organisasi dengan para pemasok, pelanggan, investor, kreditor pemerintah, dan media massa juga termasuk penggunaan teknologi informasi untuk mendesain kembali proses internalnya.
Bab ini akan memberikan pemahaman dasar kepada para akuntan dan professional sistem mengenai peluang dan resiko. Dengan menguasai ini, para akuntan dan professional sistem akan lebih siap untuk secara aktif berpartisipasi dalam perencanaan, desain dan pengolahan langkah – langkah awal e – business organisasi.
Berdasarkan beberapa definisi e-bisnis yang dikemukakan di atas, kita dapat menggabungkannya ke dalam suatu definisi e-business yang utuh dengan melihat kesamaan dari setiap definisi tersebut dan menggabungkannya. Kesamaan tersebut dapat kita lihat dari beberapa sudut pandang, yaitu pelaku e-business, alat atau media atau sumber daya yang digunakan, objek atau kegiatan yang menjadi sasaran, tujuannya, dan keuntungan yang diberikan. Hasilnya sebagai berikut :
Pelaku E-Business
- Organisasi, konsumen, perusahaan, supllier, pekerja, rekan bisnis
Alat/Media/S umber Daya yang Digunakan
- Teknologi informasi dan komunikasi
- Komputer, data yang telah terkomputerisasi
- internet
Kegiatan Sasaran
- Kegiatan bisnis
- Proses bisnis utama
- Pembelian, penjualan,pelayanan, transaksi
- Operasi bisnis utama
Tujuan
- Koordinasi, Komunikasi, dan Pengelolaan organisasi
- Transformasi proses bisnis
- Sharing informasi
Keuntungan
- Pendekatan yang aman, fleksibel, dan terintegrasi
- Memberikan nilai bisnis yang berbeda
- Efisien
- Peningkatan produktivitas dan keutungan
Contoh: Harian Kompas yang juga memiliki e-bisnis Kompas Online. Kompas menjalankan proses bisnis utamanya berupa penyediaan berita dan distribusinya, tidak lagi hanya melalui media cetak saja tetapi juga melalui internet. Keutungan yang dapat diberikan Kompas online dapat diakses oleh seluruh penduduk di Indonesia (bahkan dunia), up to date, memangkas biaya kertas, dapat diakses 24 jam, dan lainnya.

2.2.                         Pengertian E-Business
E-bisnis (Inggris: Electronic Business, atau "E-business") adalah kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis dengan menggunakan sistem informasi komputer. Istilah yang pertama kali diperkenalkan oleh Lou Gerstner.

Model e-Business
Adapun model – model E- business dapat dikategorikan menjadi Sembilan Model bisnis yaitu:
1. Virtual Storefront, yang menjual produk fisik atau jasa secara online, sedangkan pengirimannya  menggunakan sarana – sarana tradisional. seperti jasa posdan kurir.
2. Marketplace Concentrator, yaitu yang memusatkan mengenai informasi produk dan jasa dari beberapa produsen pada satu titik sentral. Pembeli dapat mencari, membanding-bandingkan dan kadangkala juga melakukan transaksi pembelian.
3.  Information Brokerme, yaitu menyediakan informasi mengenai produk, harga dan ketersediaannya dan terkadang menyediakan fasilitas transaksi. Namun nilai utamanya adalah nformasi yang disediakan.
4. Transaction Broker, yaitu pembeli dapat mengamati berbagai tarif dan syarat pembelian,            namun aktifitas bisnis utamanya adalah memfasilitasi transaksi.
5. Electronic Clearinghouses, yaitu menyediakan suasana seperti tempat lelang produk, dimana harga dan ketersediaan selalu berubah tergantung pada reaksi konsumen.
6.  Reverse auction, yaitu konsumen mengajukan tawaran kepada berbagai penjual untuk   membeli barang atau jasa dengan harga yang disfesifikasi oleh pembeli.
7. Digital Product Delivery, yaitu menjual dan mengirim perangkat lunak, multimedia, dan            produk digital lainnya lewat internet.
8. Content Provider, yaitu yang memperoleh pendapatan melalui penyediaan kontan.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi3pCmalJMOpoAgw6Ibpqs1whyRXqfmQpxL7Y8yA833LGzDj4g1me0ZBLRWsdNsTcHo2fa4iRT3kT3cby69m8R4_BpZZX390LpZlZ9z4GMk36I_FUKeTz0jiksZV58DmJhoxSSur2CcN7RH/s320/ebusiness.jpg


2.3.   Jenis E-Business Karakteristik
 B2C (Business to Customer)
• Antar organisasi dan perorangan
• Nilai uang yang dilibatkan lebih kecil
• Transaksi satu waktu (tidak sering terjadi)
• Secara relatif sederhana
 B2B (Business to Business),
 B2G (Business to Government), serta
 B2E (Business to Education) • Antar – Organisasi
• Nilai uang yang dilibatkan lebih besar
• Hubungan yang kuat dan berkelanjutan
• Pemberian kredit oleh penjual ke pelanggan
• Lebih kompleks

2.4.   Pengaruh – Pengaruh E-Business Atas Proses Bisnis
      Pembeli dan Inbound Logistic. Internet dapat meningkatkan aktifitas pembeli dengan cara mempermudah perusahaan mengidentifikasi calon pemasok dan membandingkan harga. Data mengenai pembelian yang dilakukan sub unit organisasi yang berbeda dapat disentralisasikan, sehingga memungkinkan organisasi untuk menetapkan pembelian total diseluruh dunia atas berbagai produk
      Operasi internal, sumber daya manusia, dan infrastuktur. Teknologi komunikasi tingkat lanjut dapat secara signifikan meningkatkan effisiensi operasi internal. Peningkatan akses ke informasi juga dapat secara signifikan meningkatkan perencanaan. Pada sumber daya manusia, aktifitas ini mendukung untuk effisiensi dan efektifitas dalam aktifitas utama.
      Outbound Logistic. Akses yang tepat waktu dan akurat atas informasi rinci tentang pengiriman memungkinkan penjual mengurangi biaya tranportasi melalui cara pengiriman gabungan ke para pelanggan yang dekat lokasinya satu dengan yang lainnya. Informasi yang lebih tepat waktu tentang penjualan dapat membantu pabrik mengoptimalkan jumlah persediaan yang ditanggungnya.
      Penjualan dan Pemasaran. Perusahaan dapat menciptakan katalog elektronik di Website mereka untuk mengotomatisasikan input pesanan penjualan. Kemampuan ini tidak hanya memungkinkan para pelanggan menyampaikan pesanan saat mereka menginginkannya, tetapi juga dapat secara signifikan mengurangi jumlah staf dengan cara meniadakan telepon, surat-menyurat atau pengiriman faks.
      Pelayanan dan dukungan Purnajual. E-business dapat secara signifikan meningkatkan kualitas dukungan purnajual ke para pelanggan. 
2.5.   4 (Empat) Faktor-Faktor keberhasilan E-Business
  E-business dan strategi organisasi. Nilai strategis untuk melakukan implementasu e-business     tergantung pada tingkat sejauh mana proses tersebut dapat membantu organisasi       mengimplementasikan dan mencapai strategi keseluruhan.
  Pembeli dan Inbound Logistic. Internet dapat meningkatkan aktifitas pembeli dengan cara       mempermudah perusahaan mengidentifikasi calon pemasok dan membandingkan harga. Data        mengenai pembelian yang dilakukan sub unit organisasi yang berbeda dapat disentralisasikan, sehingga memungkinkan organisasi untuk menetapkan pembelian total diseluruh dunia atas      berbagai produk.
•   Operasi internal, sumber daya manusia, dan infrastuktur. Teknologi komunikasi tingkat lanjut  dapat secara signifikan meningkatkan effisiensi operasi internal. Peningkatan akses ke    informasi juga dapat secara signifikan meningkatkan perencanaan. Pada sumber daya          manusia, aktifitas ini mendukung untuk effisiensi dan efektifitas dalam aktifitas utama.
•   Outbound Logistic. Akses yang tepat waktu dan akurat atas informasi rinci tentang      pengiriman memungkinkan penjual mengurangi biaya tranportasi melalui cara pengiriman         gabungan ke para pelanggan yang dekat lokasinya satu dengan yang lainnya. Informasi yang   lebih tepat waktu tentang penjualan dapat membantu pabrik mengoptimalkan jumlah           persediaan yang ditanggungnya.
  Penjualan dan Pemasaran. Perusahaan dapat menciptakan katalog elektronik di Website            mereka untuk mengotomatisasikan input pesanan penjualan. Kemampuan ini tidak hanya             memungkinkan para pelanggan menyampaikan pesanan saat mereka menginginkannya, tetapi juga dapat secara signifikan mengurangi jumlah staf dengan cara meniadakan telepon, surat-menyurat atau pengiriman faks.
  Pelayanan dan dukungan Purnajual. E-business dapat secara signifikan meningkatkan kualitas dukungan purnajual ke para pelanggan.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiVPdh1jVoPaQry1FErjQYq23iQipf4gvo-JdscGeHtghYdmVoQlE4B6zLMdRM-n5C42s2F0v9TAbb62gaupwCiKuQ0ONKD3CSlLu8gdt0xoaeWK5cbuKEppiSGij3SaWZ1R109yJFpsf_n/s320/e-business.jpg


2.6.   Infrastuktur untuk E-Business
Jenis – jenis Jaringan dalam E-bussiness yaitu :
  Local Area Network (LAN)
     Adalah jaringan komputer dan peralatan lainnya yang lokasinya dekat antara satu dengan yang     lain  (biasanya dalam satu gedung).
  Wide Area Network (WAN)
     Adalah jaringan komputer dan peralatan lainnya yang mencakup wilayah geografis yang luas.


  Value Added Network (VAN)
     Adalah sistem komunikasi jarak jauh yang didesain dan dikelola oleh suatu perusahaan yang independen.

2.7.   Software Komunikasi  Software ini melaksanakan fungsi-fungsi sebagai berikut:
1.   Pengendalian akses
      Software ini berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan hubungan antar-berbagai        peralatan; secara otomatis memutar dan menjawab telepon; membatasi akses hanya pada para           pemakai yang berwenang; serta membuat parameter seperti: kecepatan, mode, dan arah        pengiriman.
2.   Pengelolaan jaringan
      Pada software ini berfungsi untuk mengumpulkan data untuk memeriksa kesiapan peralatan    jaringan untuk mengirim atau menerima data; membuat aturan antri untuk masukan dan     keluaran; menetapkan prioritas dalam sistem,mengirimkan pesan; dan mencatat aktivita,     penggunaan, dan kesalahan dalam jaringan.
3.   Pengiriman data dan file Software ini berfungsi untuk mengontrol pengiriman data, file dan pesan-pesan diantara berbagai peralatan.
4.   Pendeteksi dan pengendalian atas kesalahan Software ini berfungsi untuk memastikan bahwa data yang dikirim benar-benar merupakan data yang diterima.
5.   Keamanan data Software ini berfungsi untuk melindungi data selama pengiriman dari akses pihak yang tidak berwenang.

2.8.   Melihat Secara Singkat Cara Kerja Internet
      Cara kerja Internet yang praktis dalam waktu singkat dapat mengirim data dalam berbagai format audio dan visual dengan harga pengiriman data yang tergolong sangat murah dibanding dengan media pengiriman data yang lain, membuat perkembanganya cukup pesat akhir-akhir ini. Internet secara umum memang telah dikenal luas oleh masyarakat, namun bagaimana sebenarnya cara kerja jaringan Internet itu dalam hal mengirim dan mentransfer data dalam waktu yang singkat? Berikut adalah penjelasan sederhananya:
Sebuah komputer pengguna (client Computer) yang hendak dihubungkan ke jaringan Internet, pada awalnya harus terhubung kesebuah Server. Dengan adanya sebuah server yang mengatur akses dan mengirimkan data-data dari dan kedalam internet yang diminta oleh beberapa client server, sehingga komputer client dapat mengakses website, chating, email, dan lain sebagainya.
Penghubung antara Server dan Client Komputer untuk menterjemahkan beragam bahasa komputer disebut Protokol. Jika anda mengakses ebuah alamat misalnya http:// yang artinya adalah hyper text transfer protocol dan itu tandanya anda telah terhubung dengan jaringan komputer.
Kemudian untuk mengenal masing-masing jutaan Client Komputer di dunia internet, maka masing-masing komputer memiliki alamat Internet Protocol (IP) masing-masing. Alamat IP atau yang sering juga disebut IP Address akan memberikan informasi dari paket mana berasal dan akan ditujukan ke mana sebuah data. Selain IP Address juga ada perangkat yang paling populer di dunia Internet, yaitu Web Browser. Agar Clinet Komputer yang anda gunakan dapat melihat informasi yang dikirim dari server, maka dibutuhkan perangkat internet Browser. Internet Browser yang paling terkenal sejauh ini adalah Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera dan lain sebagainya.

2.9.   Bagaimana Informasi Diproses dalam Internet
Setelah terhubung internet dan masuk ke dalam web browser, selanjutnya informasi yang dibutuhkan akan di cari melalui web pages dengan memasukan web addresses baik dengan hyperlink atau mengetiknya di web browser. Lalu terjadi permintaan masuk dari web browsers ke web server melalui internet. Informasi lalu dikembalikan melalui HTTP dari web server ke web browser dan terakhir informasi muncul di web pages. Proses ini cepat lambatnya tergantung dari kecepatan koneksi internet.
Terdapat beberapa cara di internet untuk mengakses informasi dalam World Wide Web melalui web pages yang dapat dilihat di web browser, antara lain melalui E-mail, Internet Relay Chat (IRC), usenet newsgroup dan File Transfer Protocol (FTP). E-mail dapat digunakan sebagai pull mechanism melalui direct mail untuk pemasar. Sedangkan IRC menawarkan komunikasi langsung dengan PC yang sedang terhubung saat itu dan lebih bersifat untuk hiburan saja. Selanjutnya adalah usenet newsgroup yang sering disebut juga sebagai forum untuk mempelajari perilaku konsumen. Lalu ada FTP yang dugunakan untuk memindahkan data dari PC ke situs melalui HTML web pages dan graphics dengan cara mengunggah. Selain itu juga terdapat Grophers, Archies dan Wais yang sudah tidak ada lagi karena kegunaannya sudah digantikan oleh World Wide Web.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg0KoeHVQBWTm9FYLBBXAGSU5S8ZIt5MwBB12mxYn6KGvWMmNdqd4HJ9MHI8AxtUZ-1bEb_a-1H_W2-RztD2txeFYp0tN0RU_xlhp7bEUAfI4m5F2PSXohNLB7-UdbK5sp8-mEj3GweL0WJ/s320/UX-eBusiness.jpg

2.10.  Peranan Internet Dalam E-Business
Keterhubungan global (global connectivity) melalui internet dan kemudahan penggunaan (ease of use) dapat menyediakan akses kepada dunia bisnis dan perorangan yang secara normal akan sulit dilakukan. Perusahaan bisnis dapat secara langsung menghubungi pemasok, rekan bisnis, atau pelanggan perorangan dengan biaya rendah, meskipun terletak sangat jauh secara geografis.
Begitu pula bagi pengusaha, mereka dapat mencari outlet baru untuk produk atau jasa yang ditawarkannya secara lebih luas, karena internet memfasilitasi transaksi silang batas (cross border transaction) sehingga informasi mengalir lebih cepat. Selain itu, internet juga menyediakan media yang berbiaya rendah (low cost medium) bagi aliansi global dan organisasi maya (virtual organizations). Web merupakan tampilan antarmukuka (interface) standar. Dengan media internet, memungkinkan akses global dengan murah yang dapat dipergunakan untuk menciptakan sistem dalam sebuah organisasi.
Bukan itu saja, internet dapat menciptakan aplikasi interaktif yang dapat disesuaikan untuk berbagai kebutuhan. Halaman-halaman web mempunyai kamampuan untuk berinteraksi secara lebih menarik yang tidak dapat disediakan oleh media tradisonal berbasis kertas. Penampilan teks, suara, gambar, dan video pada halaman web mampu menarik orang untuk berinteraksi lebih jauh, dan ditambah kemudahan berinteraksi hanya dengan menekan tombol untuk membuat pilihan yang diinginkan.
2.11.  Peranan Website Dalam E-Busines
     
Website dalam e bisnis sangat berperan sekali, karena dengan adanya website sebagai penjualan bisnis pun bisa di jalankan secara online yaitu dengan E – Commerce. Electronic Commerce (Perniagaan Elektronik), sebagai bagian dari Electronic Business (bisnis yang dilakukan dengan menggunakan electronic transmission), oleh para ahli dan pelaku bisnis dicoba dirumuskan definisinya. Secara umum e-commerce dapat didefinisikan sebagai segala bentuk transaksi perdagangan/perniagaan barang atau jasa (trade of goods and service) dengan menggunakan media elektronik. Jelas, selain dari yang telah disebutkan di atas, bahwa kegiatan perniagaan tersebut merupakan bagian dari kegiatan bisnis. Kesimpulannya, “e-commerce is a part of e-business”.
Jadi dapat disimpulkan peranan website dalam e bisnis adalah penjualan secara online yang ditampilkan dalam sebuah halaman website yang mempunyai domain name tertentu sesuai dengan penjualan yang ditawarkan dan dibuat semenarik mungkin agar customer dapat tertarik dan memesan produk yang ditawarkan. Oleh karena itu website sangat diperlukan bagi kelancaran suatu perusahaan dalam memasarkan produk yang ditawarkan.

Contoh Desain Website yang sesuai untuk E-Business :

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgpM2FiclmFVsIR6oZWqv_9_Fq_ojHgoaLggP7vntZMxMlnPptr93K_PVM5anuQFCjId9kdScQvjkUoRT_g26zypc8SKU-hpQDcktrX8VD1b6cZTMyfQRaAJfqGsI6NHF1_kjS8CzU6ArjH/s320/palasari.jpg

Gambar diatas merupakan sebuah contoh website yang diperlukan untuk menunjang kegiatan e-business.


2.12.   Memilih Hosting  yang Tepat
Memilih sebuah tempat hosting adalah gampang - gampang susah, sebab mencari sebuah hosting sama artinya mencari mitra kerja untuk membantu kita untuk menyimpan file-file website kita yang kemudian kita publikasikan di internet, sehingga akan mengundang banyak pengunjung untuk aktif melihat website anda serta melakukan transaksi. Memilih hosting yang salah tentunya sangat membawa dampak buruk untuk anda.  Berikut tips dan trik untuk memilih hosting yang sesuai dengan kebutuhan anda.
Adapun tips untuk memilih hosting :
1.      Pilih tempat hosting yang benar-benar terpercaya.
  1. Fitur hosting yang lengkap.
  2. Customers service yang full online 24jam, karena kalau ada masalah dengan blog kita, maka kita bisa cepat – cepat menanganinya.
  3. Mempunyai transfer bandwitch yang cukup besar
  4. Tidak terdapat banner iklan dari provider yang muncul pada website kita. Kecuali kita pasang sendiri.
  5. Lebih mudah terdaftar kedalam mesin pencari seperti Google dan Yahoo. Hal ini tentu semakin mempercepat orang lain untuk mengunjungi website kita karena dapat membukanya melalui mesin-mesin pencari tersebut.

            
BAB III
PENUTUP

3.1.   Kesimpulan
            Berdasarkan dari uraian sebelumnya, maka dapat ditarik beberapa kesimpulan sebagai berikut :
  E– Business merupakan interaksi eksternal organisasi dengan para pemasok, pelanggan, investor, kreditor Pemerintah dan media massa dan juga termasuk pengggunaan teknologi informasi untuk mendesain kembali proses internalnya.
  Internet sangat beperan penting dalam proses E-Busieness dimana Internet memberikan  dukungan yang mutakhir pada usaha untuk melakukan perekayasaan ulang proses bisnis, Electronic business (e-Business) adalah penggunaan teknologi elektronik terutama dalam bentuk teknologi informasi (TI) untuk melakukan segala proses bisnis, termasuk didalamnya adalah jual beli atau pertukaran produk, jasa dan informasi, membangkitkan permintaan melalui kegiatan marketing, melayani pelanggan, berkolaborasi dengan rekan bisnis dan kegiatan transaksi bisnis secara online.

3.2.   Saran
            Berikut ini Penulis mengemukakan saran yang sekiranya dapat bermanfaat :
E – Business harus terus dikembangkan lagi agar para konsumen menjadi lebih merasa puas atas semua fasilitas yang ada.


DAFTAR PUSTAKA





3 komentar:

  1. Nice blog! Keep sharing such an informative blog like this.
    Custom Socks

    BalasHapus
  2. Great Blog! Looking forward to know more. Also Read to explore more writings: Chat Writers

    BalasHapus
  3. I really like your blog. The most interesting things are neatly collected. Every now and then I go to look and wonder.

    BalasHapus

Hotel Terbaik Di Lampung - Swiss-Belhotel Lampung                                                                              Swiss-B...