Jumat, 29 Juni 2018

Contoh DFD SI Penjualan Cinderamata

Contoh DFD SI Penjualan Cinderamata

3.1. Analisis Sistem


Menurut Yogiyanto (1995) analisis sistem adalah penguraian dari suatu sistem informasi yang utuh kedalam bagian-bagian komponennya dengan maksud untuk mengidentifikasikan dan mengevaluasi permasalahan, kesempatan, hambatan yang terjadi dan kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat diusulkan perbaikan.[14]Dalam membuat sistem yang baru harus diketahui alur penjualan yang akan diterapkan pada CV. Serasan Oniex Sidoarjo.Maka dibuatlah Fowchart Diagram yang berfungsi untuk mengetahui secara detail alur transaksinya. Pada gambar 3.1 di bawah ini menjelaskan tentang  flowchartproses penjualan yang akan diterapkanpada CV. Serasan Oniex SidoarjoLangkah pertama adalah Admin mengakses URL: serasanoniex.com/admin kemudian Admin Login terlebih dahulu untuk mengakses halaman beranda admin. Di beranda tersebut terdapat tiga menu yaitu kelola produk,kelola pemesanan, dan kelola pembayaran. Kelola produk adalah halaman untuk mengelola produk yang akan di tampilkan pada website serasanoniex.com. Data produk disimpan pada database produk kemudian di tampilkan pada serasanoniex.com yang kemudian bisa diakses oleh Customer. Pada Menu kelola pemesanan Admin dapat mengelola pemesanan yang didapat dari database pemesanan.Database pemesanan tersebut berasal dari data pemesanan Customer saat mengisi form pemesanan. Menu yang terahir yaitu kelola pembayaran Pada menu ini Admin dapat mengelola pembayaran yang didapat dari database pembayaran. Datanya didapat dari hasil isian Customer ketika melakukan konfirmasi pembayaran. Namun untuk mengisi konfirmasi pembayaran tersebut Customer harus login terlebih dahulu.
  



                Gambar 3.1 Flowchart  DiagramSistem Informasi Penjualan Cinderamata







3.2. Desain Sistem

Setelah melakukan analisis sistem maka selanjutnya dilakukan desain sistem. Dalam desain sistem ini, mulailah dibentuk suatu sistem baru yang telah terkomputerisasi. Langkah-langkah yang dilakukan dalam desain sistem ini adalah :
1.      Context Diagram
2.      Data Flow Diagram
3.      ERD
4.      DBMS
Ke empat langkah-langkah tersebut akan dijelsakan dengan rincian sebagai berikut ini :

3.2.1. Context Diagram

Context diagram adalah diagram yang menggambarkan ruang lingkup suatu sistem secara menyeluruh.Context Diagram Sistem Informasi Penjualan Cinderamata pada CV. Serasan Oniex Sidoarjo terdiri dari

Gambar 3.2 Context DiagramSistem Informasi PenjualanCinderamata

3.2.2. Data Flow Diagram

3.2.2.1. DFD Level 0

Gambar 3.3 dibawah ini menjelaskan tentang DFD level 0 yang memiliki beberapa prosespendataan produk, proses pemesanan, dan proses pembayaran. DFD level 0ini merupakan penjabaran dari proses yang terdapat pada Context Diagramsebelumnya.

Gambar 3.3 Data Flow Diagram Level 0

3.2.2.2. DFD Level 1, Proses 1.0

DFD Level 1 proses 1.0menjelaskan lebih terperinci mengenai kegiatan proses pendataan produkPertama Admin mendata produk kemudian data produk tersebut akan di cek kelengkapannya oleh sistem. Jika sudah lengkap maka data produk terseut akan disimpan pada database produk. Setelah disimpan, data produk tersebut akan ditampilkan pada Customer untuk dipilih.


Gambar 3.4 Data Flow Diagram Level 1 Proses 1.0

3.2.2.3.DFD Level 1, Proses 2.0

DFD Level 1 proses 2.0menjelaskan lebih terperinci mengenai kegiatan proses pemesananPertama Customer memilih produk yang akan di beli. data produk tersebut berasal dari database produk. Setelah memilih produk yang akan dibeli, customer harus mengisi data pemesanan yang kemudian di simpan pada database pemesanan. Setelah disimpan di dataset pemesanan tersebut Admin akan mendapatkan laporan pemesanan sedangkan Customer akan mendapatkan nota total pemesanan.

Gambar 3.4 Data Flow Diagram Level 1 Proses 2.0

3.2.2.4. DFD Level 1, Proses 3.0

DFD Level 1 proses 3.0menjelaskan lebih terperinci mengenai kegiatan proses pembayaranPertama Customer harus login terlebih dahulu.untuk login tersebut customer menggunakan id_pemesanan dan password yang diperoleh dari database pemesanan Setelah itu baru mengisi data konfirmasi pembayaran yang akan disimpan pada database pembayaran. Jika sudah tersimpan maka Admin akan mendapatkan laporan pembayaran dan Customer akan mendapat nota pembayaran.


 Gambar 3.4 Data Flow Diagram Level 1 Proses 3.0

3.2.2.5.DFD Level 2, Proses 1.

DFD Level 2 proses 1.1menjelaskan lebih terperinci mengenai kegiatan pendataan produk. Pertama Admin memasukkan data produk kemudian sistem akan mengecek kelengkapan datanya. Setelah itu akan disimpan pada database produk. Admin juga dapat mengupdate dan delete produk yang sudah tersimpan di database produk tersebut.

Gambar 3.4 Data Flow Diagram Level 2 Proses 1.1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hotel Terbaik Di Lampung - Swiss-Belhotel Lampung                                                                              Swiss-B...